Selasa, 27 November 2012

Pon-Pes “ Al-Haromain” Bagikan 150 Kambing Kurban


Pon-Pes “ Al-Haromain” Bagikan 150 Kambing Kurban

 http://www.wartademak.com/ext/themes/a.1/ilustrasi.php?src=/ext/mediafiles/2012/11/100_2245.jpg&h=240&w=320&zc=1

Jepara, Warta Demak -
Ada yang unik disetiap menjelang Hari Raya Idul Adha, sudah 2 tahun terakhir ini pondok pesantren Al-Haromain Rajekwesi Mayong Jepara menyalurkan 250 ekor kambing Qurban yang diperoleh dari NGO (Non Government Organization) yang berasal dari Negara Turki.”kuota tahun kemarin sebanyak 100 kambing dan tahun ini naik menjadi 150 ekor” ujar Gus Haiz, Ketua Yayasan Pondok  pesantren, Kamis 25 Oktober 2012.
Dikatakan pada tahun ini 100 ekor dibelikan di Yogjakarta dan 50 ekor di wilayah Batealit dan Mayong Jepara, dan mudah mudahan akan ada tambahan kuota ditahun depan sehingga bisa berbagi dengan banyak kalangan di Jepara.
Dari 150 kambing itu, hanya sebagian yang dipotong di pesantren Al Haromain. Lainnya telah didistribusikan ke beberapa pesantren, Masjid, Musholla, GP Anshor, Kementerian Agama, SD, MTS, MA juga MADIN di Kabupaten Jepara, Kudus, Demak, Pati dan sekitarnya dengan tujuan menjalin Ukhuwah Islamiyah, dan sekaligus memperkenalkan Muqorrib (pemberi kurban) kepada Mustahiq (penerima).
diceritakan pula pembagian dipusatkan di halaman pondok Pesantren al haromain dimulai pukul 08.00- 12.00 meskipun setelah subuh sudah ada beberapa lembaga yang sudah datang untuk antri mengambil qurban. penyaluran hewan qurban ini diawali kunjungan pengurus UICC Turkey Oktober tahun lalu.
Pengurus yang datang ke Al Haromain adalah Ferhat BAS dan Yusuf pengurus UICCI Turkey, kunjungan itu menawarkan beberapa kerjasama antara lain memberikan dan menyalurkan hewan kurban setiap tahunya.
UICCI Turkey juga mengharapkan agar disetiap tahun dari Pesantren Al-Haromain Jepara dapat mendelegasikan 5 sampai 10 santri terbaik untuk dikirim ke Turkey guna beasiswa belajar dengan tanpa dipungut biaya. Seluruh biaya belajar 3 tahun di Turkey akan ditanggung oleh pihak UICCI bahkan selain mereka mendapatkan pendidikan, Akomodasi, Konsumsi, Pakaian, Rihlah juga mendapatkan mukafaah atau uang saku sekitar $45 setiap bulanya dan $1500 setiap tahunya.
Hingga saat ini Al Haromain sudah merekomendasikan 19 santri dari Al-Haromain dan Pesantren mitra Al Haromain, dimana sebagian dari mereka sudah mengikuti proses pembelajaran di Istanbul Turkey yakni Asma’ Karimah dari Rajekwesi Mayong, dan Khoirun Niswah dari Kriyan Kalinyamatan. Mereka sudah berangkat ke Turkey awal 2010 lalu.
Dan tahun 2012 ini 4 santri sedang dalam proses karantina di Jakarta guna persiapan berangkat ke Turkey antara lain Maulidyatul Hikami dan Aniq Ubaidillah dari Mindahan Kidul Batealit, Ika Umi Latifah dari Ngasem Batealit dan juga Eri Susanti dari Bawu Batealit Jepara.
Ustadz Qutub Pengasuh PP Al Haromain menyatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama itu. “kerjasama ini awal yang baik dan semoga dapat bermanfaat bagi kaum muslimin-muslimat di Jepara khususnya, dan mudah-mudahan intensitas kerjasama akan lebih meningkat baik dari jumlah hewan kurbannya maupun jumlah santri yang dikirim ke Turkey,” jelasnya.
Dijelaskan, UICC merupakan pusat kebudayaan islam terbesar di Turkey dan telah mempunyai banyak cabang di berbagai Negara antara lain di Jerman, Prancis, Jepang, Australia, Singapura termasuk di Indonesia.
Sementara itu, pembentukan United Islamic Cultural Center Of Indonesia (UICCI) atau Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam di Indonesia, oleh sukarelawan muslim Indonesia dan Turkey telah dilakukan 2005 lalu. Mereka sudah bergerak dalam pemberian beasiswa dan penyaluran bantuan hewan kurban.
Pendidikan di Turki sendiri menggunakan sistem Turki ostmani serta mempunyai keunggulan di progam Tahfidnya dimana mereka mempunyai metode cepat menghafal Al Quran.
Pembelajaran ini dilakukan dengan metode hafiz alimaniyah yang cepat dan efektif. Mereka juga mendapat pelajaran kitab kuning juga fiqih asy’ariyah. (HumasAl-Haromain).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar